POSITIONING SUPPORT

Posted in BODY SUPPORT oleh griyakami homecare pada 7 November 2008
Tags: , , , , , ,

Pada umumnya pasien yang mengalami kelumpuhan pada bagian kaki atau akibat berbaring terus menerus maka ujung jari-jari kaki lama kelamaan akan tertarik kebawah [posisi kaki menjinjit] atau telapak kaki melengkung dikarenakan otot kaki yang melemah dan mengecil.

Untuk mencegah atau mengurangi hal tersebut diatas, pasien dapat memakai Foot Positioning Support yaitu “alat penyangga kaki” semacam sepatu fiber khusus yang berbentuk seperti huruf “L”. Pada bagian telapak kaki dan sepanjang betis kaki ada bantalan khusus.

Sepatu khusus ini mempunyai ukuran tertentu [S,M,L] yang disesuaikan dengan kaki pasien.

ankle-foot-orthosis-physiotherapy-aids
ankle-foot-orthosis-physiotherapy-aids

Sepatu khusus ini dapat dipergunakan terutama pada saat pasien berbaring ditempat tidur maupun pada saat duduk di kursi roda. Namun setiap 2 jam sekali sepatu tersebut harus dilepas. Selain itu untuk pemakaian sepatu ini pasien disarankan memakai kaos kaki atau stocking khusus anti varises (anti-embolism stocking).

Untuk melatih agar otot kaki tidak kaku, perlu adanya terapi untuk kaki seperti pemijatan, gerakan mengusap kulit disekitar kaki atau gerakan untuk posisi naik-turun kaki. Gerakan terapi ini tergantung pada kebutuhan pasien dimana tujuan utamanya adalah merangsang syaraf-syaraf pada kaki dan mencegah kekakuan otot. Sedangkan untuk mencegah kulit kering, biasanya diperlukan cream atau gel khusus yang tidak mengandung alkohol dan disesuaikan dengan kondisi kulit pasien.

Pada intinya sepatu khusus ini hanya untuk melatih dan membantu menempatkan telapak kaki pada posisi yang benar, bukan untuk menyembuhkan syaraf pada kaki. Untuk aturan lama dan posisi pemakaian sepatu khusus pada masing-masing pasien berbeda, sesuai dengan anjuran ahli medis atau therapis. (en)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: