OXYMETER

Posted in ALAT BANTU TERAPI,ALAT KESEHATAN,HOMECARE oleh griyakami homecare pada 27 Januari 2010

Oxymeter atau biasa disebut Pulse Oxymeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah (SpO2), alat ini dilengkapi juga dengan pengukur detak jantung (HR= heart rate) pasien.

Pada umumnya alat ini digunakan di rumah sakit (ICU, NICU) atau homecare bagi pasien stroke, kanker, bayi prematur atau pasien berkondisi khusus yang harus dipantau kadar oksigennya agar tetap stabil. Jika pasien mengalami kekurangan oksigen pada otak, jika tidak langsung ditangani bisa mengakibatkan stroke atau gangguan fungsi pada otak yang dapat berakibat fatal.

Cara penggunaan oximeter adalah dengan cara salah satu jari tangan pasien dipasang ‘penjepit’ khusus yang terdapat sensor infra-red yg sangat sensitif untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah sekaligus pengukur detak jantung pasien yang dapat dilihat pada layar monitor (LED) alat.

Bagian-bagian pada oximeter antara lain :

  • Main Unit, yang terdiri dari Menu Pengatur (setting menu), spt : Set Alarm, Time, Pengaturan Kadar Maksimum dan Minimum SPO2 dan HR, dll.

Set Alarm : untuk mengatur ukuran batas maksimum tinggi atau rendahnya jumlah oksigen yang dibutuhkan dalam tubuh pasien. Jika kadar oksigen lebih tinggi atau lebih rendah dari kadar SPO2 dan HR yang telah ditentukan, maka otomatis alarm berbunyi.

Setting alarm dilakukan oleh ahli medis atau perawat dengan batas level tertentu, sesuai dengan kebutuhan dan kasus pasien.

  • LED Monitor : layar tampilan untuk mengetahui dta-data nilai (jumlah) oksigen dlm tubuh pasien juga detak jantung berupa data berupa grafik atau angka. Untuk jenis Oxymeter desktop biasanya LED Monitor dapat dihubungkan atau menggunakan monitor PC computer.
  • Finger Sensor : penjepit khusus untuk dipasang pada jari pasien. Alat khusus berbentuk “Penjepit” yang dilengkapi infra-red untuk sensor yg sangat sensitif untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh pasien. Antara ‘penjepit jari’ dengan alat oximeter dihubungkan dengan kabel.

  • Assesories, berupa kabel, charger unit.


Ada 2 jenis Oxymeter :

  • Pulse Oxymeter Desktop : Layar monitor lebih besar, feature lebih lengkap dan biasanya dapat dihubungkan pada layar monitor PC. Ada pula oxymeter yang integrated dengan peralatan monitor medis lainnya, seperti Oxymeter pada ruang khusus operasi.
  • Hand-held Pulse Oxymeter : Oxymeter praktis berukuran segenggaman tangan. Oxymeter ini biasanya dipakai untuk pasien homecare yang masih sering check-up ke rumah sakit..

Pada dasarnya fungsi Oxymeter sama, hanya bentuk dan feature-nya saja yang berbeda.

Griyakami menyewakan Oxymeter jenis Desktop maupun Hand-held Pulse Oxymeter.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi

Griyakami Homecare 022-7272416/70567947 atau datang langsung ke Jln. Brantas No.7 Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: