MANFAAT REHABILITASI BAGI PENDERITA STROKE

Posted in HOMECARE oleh griyakami homecare pada 23 Juni 2010

APAKAH MANFAAT REHABILITASI BAGI PENDERITA STROKE?

Novitri Sumardi, dokter spesialis Rehabilitasi Medik

Stroke merupakan suatu keadaan yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja dengan tiba-tiba. Bahkan terkadang stroke dapat menyerang tanpa ada tanda-tanda yang mendahuluinya. Stroke juga merupakan penyebab kecacatan nomor satu di dunia. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bila stroke menjadi penyakit yang ditakuti di masyarakat kita.

Apakah stroke itu?

Stroke terjadi sebagai akibat terputusnya aliran darah yang menuju ke otak. Mengingat fungsi darah yang utama adalah sebagai pembawa zat makanan dan oksigen maka terputusnya aliran darah ini akan menyebabkan sel-sel otak rusak dan mati.

Apakah akibatnya?

Otak berfungsi sebagai suatu pusat kontrol tubuh dan pikiran. Stroke pada otak akan menimbulkan kerusakan pada sistim kontrol ini. Oleh karenanya pada stroke sering ditemukan gangguan sebagai berikut :

* Gangguan pada fungsi tubuh manusia seperti

– Hilangnya kemampuan bergerak : berlari, berjalan

– Hilangnya kemampuan merasakan (sensasi)

– Hilangnya/berkurangnya kemampuan melihat dan mendengar, dsb

* Gangguan pada fungsi mental manusia seperti

– berkurangnya kemampuan berfikir, belajar dan berbicara

Gangguan dan kerusakan yang diakibatkan oleh stroke sering menimbulkan gejala sisa yang berkepanjangan. Gejala sisa ini dapat menjadi suatu kecacatan yang menetap yang selanjutnya akan menghambat atau membatasi fungsi seseorang dalam menjalankan perannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memudahkan pengertian, maka dapat diberikan ilustrasi sebagai berikut :

Seorang ibu rumah tangga aktif, berusia 55 tahun, biasa bekerja dengan tangan kanan mendapat serangan stroke 4 bulan yang lalu. Masalah yang dirasakan pasien sampai saat ini adalah kelemahan di lengan kanannya.

Harapan penderita tentunya adalah kembali pulih dan dapat bekerja kembali seperti sedia kala. Namun bila keadaan ini tidak tercapai, apa yang dapat dilakukan pada penderita ini? Haruskan penderita ini berdiam diri saja? Adakah manfaat rehabilitasi pada penderita ini?

Apakah rehabilitasi dan manfaatnya?

Reahabilitasi adalah proses pembelajaran untuk “menagtasi” masalah kemampuan fungsional seseorang akibat kerusakan di otak yang disebabkan stroke. Yang perlu diketahui adalah rehabilitasi tidak bersifat menyembuhkan penyakit atau mengembalikan fungsi otak yang terganggu akibat stroke. Rehabilitasi membantu penderita stroke untuk sedapat mungkin kembali ke kehidupan normal dan mencapai tingkat kemandirian tertinggi yang mungkin dapat diraih.

Apakah program rehabilitasi?
Read More

Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: